Masa Seleb Telah Berlalu

Aku sudah aktif di Internet sejak orang-orang belum sebanyak ini di Internet. Saat itu koneksi Internet masih sangat mahal, mayoritas orang tidak memilikinya. Bahkan kantor-kantor saja banyak yang tidak mempunyai Internet sehingga aku yang menumpang Internet di kantor sekalipun masih termasuk istimewa di saat itu.

Teman-teman yang aku temui di Internet adalah kebanyakan teman-teman yang sebelum tidak pernah bertemu secara fisik. Lokasi mereka juga terpencar-pencar di berbagai tempat di belahan bumi ini.

Anehnya, interaksi yang aku alami di Internet pada masa-masa itu justru lebih banyak. Komentar-komentar di tulisan-tulisan yang aku buat jauh lebih banyak. Like pada Facebook juga terasa lebih banyak daripada sekarang.

Sekarang? Tulisan di blog sepi peminat. Kadang rasanya lebih terasa seperti sebuah diari daripada tulisan untuk berbagi. Padahal khan aku orangnya tidak suka bikin diary. Motivasiku untuk menulis jadi menurun sedikit demi sedikit.

Masa seleb mungkin sudah berakhir. Saat ini ada begitu banyak penulis di Internet. Ada orang-orang yang memang seleb profesional dan bukan cuma seleb amatiran seperti aku. Ada juga seleb bayaran seperti para buzzer yang tentu saja bertarung sekuat tenaga agar tulisannya dibaca karena itu mempengaruhi periuk nasinya. Aku yang pemalu dan pendiam ini tentu tenggelam tak terlihat ketika para seleb-seleb itu muncul di permukaan.

Kegiatan menulis bagiku sekarang mungkin lebih cocok jika dianalogikan dengan kegiatan meninggalkan prasasti. Mungkin tidak ada orang lain yang akan membacanya. Tidak pula ada gunanya bagiku di hari ini karena aku juga tak suka menulis diary. Namun suatu saat nanti akan menjadi catatan kenangan tentang apa yang pernah terjadi di hari ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: