Ngantuk Sehabis Makan

Beberapa tahun terakhir ini, aku sudah hampir tak pernah makan nasi putih. Sehari masih makan nasi sekali di siang hari, tapi itu nasi coklat/merah, bukan nasi putih.

Entah karena rasanya tidak seenak nasi putih, aku makan nasi tak lagi banyak. Hanya sedikit- sedikit saja. Perut rasanya tidak lapar-lapar amat dan tidak muat makan banyak lagi seperti masa-masa SMA dulu.

Makan nasi, seringkali membuatku mengantuk. Jaman sekolah dulu, aku sering tidur di kelas. Aku sangat terkenal dengan itu. Bahkan ketika aku tidak lulus UMPTN, teman-teman menuduh aku tertidur ketika sedang ujian.

Ketika bekerja di Jakarta dulu, aku juga sering tidur. Siang-siang aku turun ke Musholla dan tidur di sana dari setelah makan siang hingga waktu Ashar tiba. Namun lama-lama aku takut ketahuan teman-teman yang rajin sholat. Maka kemudian aku putuskan untuk tidur di bawah meja kerja. Posisi tempat duduk yg di pojokan membuat orang tak tahu kalau aku tidur di bawah meja.

Sialnya, sekarang aku agak kesulitan untuk tidur di kantor. Layout meja kantor sekarang sangat terbuka. Tidur di bawah meja bakalan ketahuan. Jika dulu waktu SMA difoto oleh teman-teman pakai kamera film, maka sekarang kalau ketahuan bakalan masuk Instagram.

Rasa kantuk itu makin hebat datangnya di saat aku mengalami kebosanan. Entah karena pekerjaan yang itu-itu saja, atau masalah yang diselesaikan kurang menarik dan menantang. Bisa juga masalah terlalu besar untuk diselesaikan sehingga aku membutuhkan tidur dulu sambil bermimpi mencari penyelesaian.

Akhir-akhir ini aku sering merasa mengantuk yang amat sangat di kantor. Entah karena aku beberapa minggu ini rutin olahraga sehingga kelelahan, atau sebab-sebab lainnya.

Akhirnya aku cari-cari artikel penyebab rasa kantuk setelah makan, dan aku menemukan artikel ini,
https://www.medicalnewstoday.com/articles/323379.php#summary

Ada beberapa point di sana yang diusulkan, yaitu:
– Makan sedikit-sedikit tapi sering
– Tidur yang berkualitas dan cukup
– Pergi jalan-jalan (ke Swiss?)
– Tidur Siang
– Lihat cahaya yang sangat terang

Aku memilih untuk pergi jalan-jalan setelah makan. Tidak sampai Swiss sih karena kejauhan. Cukup keliling-keliling kantor aja. Hasilnya lumayan, kantuk menghilang.

Teman, ada yang suka ngantukan seperti saya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: