Mengajar, adalah salah satu hobby saya sejak dulu. Selain karena senang bisa membantu orang lain menjadi lebih pintar, saya menjadi lebih paham atas suatu materi ketika mengajar.
Sebelum mengajar, seseorang butuh mempersiapkan diri dulu dengan memperdalam pemahaman. Ketika mengajar, seseorang akan memperlancar pengertiannya. Dan setelah mengajar, dia akan mendapatkan umpan balik dari orang lain. Dengan demikian, secara tidak langsung, orang yang mengajar juga menjadi bertambah pengetahuannya. (Simmons, 2020)
Untuk memperkuat pendapatnya, Simmons juga menunjukkan penelitian Harvard yang menunjukkan bahwa karyawan-karyawan yang menyempatkan diri menuliskan apa yang mereka pelajari selama training, ternyata mendapatkan pemahaman 24% lebih baik daripada rekan-rekannya, walaupun mereka hanya meluangkan 15 menit saja setiap hari untuk menulis.
Apa yang diteliti oleh Harvard ini sebenarnya bukan hal yang baru aku dengar baru-baru ini. Sewaktu aku masih kecil dulu, Ayah mengajarkan padaku bahwa salah satu strategi belajar yang efektif adalah dengan menggunakan seluruh indera. Kadang buku perlu kita baca keras-keras agar telinga ikut mendengar. Juga diperlukan untuk menulis lagi apa yang dipahami agar pemahaman makin lengket di otak
Akhir-akhir ini, aku mulai rajin menulis lagi. Satu tulisan tiap hari adalah targetku. Sudah berjalan sejak tanggal 1 Feb 2020 ini dan lumayan hasilnya. Aku cuma membolos menulis 1 hari. Sisanya tercapai sesuai target.
Efek sampingnya, aku merasakan otakku bertambah lancar. Selain aku menjadi punya banyak ide, aku juga merasa lebih jarang mengalami kebosanan. Selalu ada topik menarik untuk dituliskan setiap hari.
Hanya ada satu hal yang masih mengganjal sampai saat ini. Dulu waktu kuliah aku juga senang mengajar. Tak jarang teman-teman datang minta dijelaskan sebuah mata pelajaran. Sebagian besar dari teman-teman berterima kasih dan mengaku aku mampu menjelaskan dengan baik sehingga mereka paham.
Hasilnya? Aku dapat C, sementara yang aku ajari mendapat A dan B.
Apa yang salah ya? 😀
Referensi
Simmons, Michael. 2020. Explanation Effect: Why you should always teach what you learn. [online] available at
https://medium.com/accelerated-intelligence/explanation-effect-why-you-should-always-teach-what-you-learn-9800983a0ea1
Tulisan Terkait
Alinazar, Alfred. 2020. Orientasi Hasil atau Proses. [online] Available at https://aalinazar.wordpress.com/2020/02/05/orientasi-hasil-atau-proses/
Tinggalkan Balasan