Bukan Orang IT

“Bang, komputerku nggak mau idup. benerin dong?”
“Bang, gimana caranya ngintip pesan WA tapi nggak ketahuan sama pengirim pesan?”
“Bang, gimana caranya tahu akun FB itu asli atau palsu?”

Dan masih banyak lagi pertanyaan dan permintaan yang datang dari berbagai penjuru dunia seakan aku itu bisa menyelesaikan masalah apa saja selama itu berkaitan dengan komputer. Menurut mereka aku adalah orang IT. Pasti bisa dong betulin begituan?

Tapi, apakah benar aku orang IT?

To be very honest, aku ini bukan orang IT. Aku adalah seorang Data Scientist.

Emang Data Scientist bukan IT,  Bang?

Yang disebut sebagai orang IT di kantorku atau perusahaan2 software pada umumnya adalah orang-orang yang bertanggung jawab atas operasional workstation (desktop) dan servers.

Walaupun aku bekerja pakai komputer juga. Tapi aku tidak bertugas install-install software, memperbaiki komputer rusak, apalagi membuat aplikasi WhatsApp sehingga hapal feature-featurenya.

Data Scientist,  Front End Developer, Back End Developer, Designer, Big Data Engineer dan lain sebagainya memang bekerja menggunakan komputer. Namun mereka tidak disebut orang IT. Seringkali mereka juga minta bantuan orang IT ketika komputer mereka ngambek.

Keahlian mereka juga berbeda-beda antara yang satu dengan yang lain. Big Data Engineer mungkin akan nangis di pojokan jika disuruh bikin aplikasi berbasis Web. Sementara Front End Engineer mungkin akan pura-pura mati jika dia disuruh mengalirkan data dengan kecepatan tinggi apalagi disuruh mengolahnya untuk menemukan insight.

Ibarat para ahli di pabrik mobil, ada Engineer yang ahli mesin, ada yang ahli elektronik, ada yang ahli masalah ban, ada yang ahli safety dan lain sebagainya. Ahli masalah ban tidak bisa memperbaiki masalah pada mesin, dan sebaliknya.

Orang awam mengira setiap orang yang bekerja di komputer itu pasti orang IT dan paham segalanya yang berhubungan dengan komputer.  Sama seperti orang awam melihat orang yang kuliah di Teknik Elektro. Dikiranya pasti bisa membetulkan radio rusak.

Aku dulu kuliah di Teknik Elektro. Dan sekarang bekerja sebagai Data Scientist.

Dulu sering dikira bisa membetulkan radio. Sekarang sering dituduh hapal fitur-fitur Facebook.

Dubai, 13 Feb 2020,

-bank al-

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: