Kursi Penipu Otak

Nyetir mendaki bukit-bukit pasir, adalah salah satu hiburanku di waktu musim dingin tiba. Pada tahun awal-awal kedatanganku di Dubai ini, hampir tiap minggu aku pergi ke padang pasir untuk bermain. Namun seiring dengan banyaknya dinamika, beberapa tahun terakhir ini aku sudah jarang bisa pergi lagi bermain di bukit pasir.

Iftar Bowl, adalah salah satu tempat yang dituju oleh offroader Dubai dan sekitarnya. Beberapa minggu yang lalu aku main ke lokasi ini lagi, setelah beberapa tahun tidak.

Ada sedikit perbedaan kali ini. Jantungku berdebar lebih kencang ketika mendaki bukit-bukit ini. Rasanya seperti sedang melakukan interval training – olahraga lari yang kecepatannya bergantian antara sprint dan berjalan kaki atau lari dengan kecepatan lambat.

Ini mungkin sebabnya Pajero, Land Cruiser dan teman-temannya disebut Sport Car. Walaupun sang supir sebenarnya duduk dengan tampan di belakang setir, tapi jantungnya berdebar kencang seperti sedang berolahraga lari. Otak telah ditipu oleh mobil-mobil sport ini.

Hal ini mengingatkanku pada sebuah bincang-bincang di Business Breakfast -salah satu siaran radio kegemaranku. Katanya, saat ini beberapa pembuat mobil sedang merancang mobil dengan kursi yang bisa menipu otak.

Kursi mobil dirancang sedemikian rupa untuk merangsang otot-otot pinggul sehingga otak mengira pengguna sedang berjalan. Otak yang tertipu ini kemudian memerintahkan darah untuk mengalir lebih lancar.

Hasil yang diharapkan adalah pengguna kursi ini bisa lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan karena duduk terlalu lama. Seperti sudah lama diketahui, duduk terlalu lama bisa menyebabkan otot-otot tertentu menjadi lemah dan berbagai penyakit lainnya.

Duduk tampan tapi mendapat efek olahraga. Menarik bukan?
Asalkan jangan malah jadi ngos-ngosan kayak orang abis sprint aja ya.

Dubai, 12 Feb 2020,

-bank al-
https://aalinazar.wordpress.com

Tulisan Terkait:
https://techxplore.com/news/2020-01-car-seat-brain.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: