Dokumentasi Dalam Video

Zaman dahulu kala, aku lebih banyak mendokumentasikan peristiwa dalam bentuk foto-foto atau tulisan-tulisan. Kendalanya adalah bahwa kadang tidak setiap peristiwa bisa terekam dengan baik dalam kepala. Sebagian memang tak tertangkap saat kejadian, sementara sebagian lagi mungkin pernah tertangkap namun gagal di-recall kembali.

Akhir-akhir ini aku menyadari bahwa ternyata dokumentasi dalam bentuk video lebih banyak menyimpan kenangan. Ada banyak detail-detail peristiwa yang saat kejadian sendiri tidak tertangkap oleh yang membuat dokumentasi sekalipun. Lebih dari itu, ternyata anak-anak generasi Z sekarang sangat suka menonton video, ketimbang harus membaca. Apalagi jika tulisan blog itu dibuat oleh ayahnya dalam bahasa Indonesia sementara bahasa yang paling mereka kuasai adalah bahasa Inggris. Ye kan?

Kesadaran ini memercik ide di kepala bahwa aku harus belajar lebih gigih untuk merekam peristiwa dan kenangan dalam bentuk multimedia.  Dengan dukungan teknologi kamera di telepon genggam dengan kapasitas besar dan kamera yang relatif bagus, hal ini akan makin mudah untuk direalisasikan.

Tepat di ujung bulan Januari kemarin, proyek pertama aku realisasikan. Kami kebetulan ada acara BBQ di Padang Pasir bersama group offroad Indonesia yang kami sebut dengan nama “Hampir 4×4”.

Kegiatan utama group ini adalah melewati musim dingin dengan nyetir naik-turun dan meluncur-meluncur di gurun-gurun dan gunung-gunung pasir.  Selain nyetir di pasir, kami juga melewatkan musim dingin dengan camping di berbagai tempat, entah gurun, gunung ataupun pantai.

Main di pasir barangkali tak terbayangkan bagi teman-teman yang belum pernah tinggal di daerah sekitar gurun. Pasir berwarna kuning kemerahan ini adalah tempat bermain yang ditunggu-tunggu anak-anak saat musim dingin.  Selain bisa sejenak melupakan gadget-gadget elektronik, momen-momen seperti ini juga saat-saat yang menyenangkan bagi mereka bertualang dan bermain bersama teman-teman.

Mau tahu seperti apa kegiatan yang bisa dilakukan di pasir?

Silahkan disimak film dokumenter berikut, saat kami BBQ di pasir akhir Januari ini. Oh ya, Pak Konjen Dubai juga ikutan lho. Ada yang bisa mengenali beliau?

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: