Trust Is Given

Pagi ini aku terinspirasi oleh postingan Evy Sofia tentang “Trust“.

Penulis novel cinta terkenal ini menceritakan bagaimana dia memberikan kepercayaan kepada pembeli bukunya sehingga bersedia mengirimkan bukunya walau belum dibayar sekalipun. Evy percaya bahwa bukunya akan dibayar, walau pembeli bukunya itu orang yang belum pernah dikenalnya sebelumnya.

Trust, menurut sebagian orang adalah sesuatu yang harus direbut dan diusahakan. Namun kisah yang diceritakan Evy ternyata tidak menunjukkan demikian. Lulusan Psikologi UGM yang pintar menggombal ini bisa memberikan Trust kepada orang yang belum dikenalnya sekalipun.

Kisah ini mengingatkanku pada sebuah acara talk show pada salah satu stasiun Radio yang bertema,”Trust is given, not earned.”

Dalam hidup ini, kadang kita menemui orang-orang yang penuh dengan kecurigaan, penuh dengan prasangka. Orang-orang ini berpikir bahwa dia perlu memberikan ujian ini dan itu sebelum memberi kepercayaan kepada orang lain.

Namun anehnya, sekeras apapun orang lain berusaha untuk meraih kepercayaannya, dia tak juga mau memberikan kepercayaan itu. Selalu saja ada kekurangan di matanya. Selalu ada kecurigaan, dan dia terus memberikan ujian-ujian yang tidak pernah berakhir. They simply will never give the trust, no matter hard others try to convince them.

Kasus-kasus di atas mengindikasikan bahwa Trust itu bukanlah sesuatu yang berbanding lurus dengan usaha. Sekeras apapun kita berusaha, orang yang pada pelit memberikan kepercayaan, tidak akan pernah memberikannya.

Sebaliknya, seringkali juga kita tak perlu berbuat apa-apa dan kepercayaan itu datang dengan sendirinya tanpa perlu melewati ujian apa-apa.

Kasus-kasus di atas mengindikasikan bahwa Trust itu bukanlah sesuatu yang berbanding lurus dengan usaha. Sekeras apapun kita berusaha, orang yang pelit memberikan kepercayaan, tidak akan pernah memberikannya.

Sebaliknya, seringkali juga kita tak perlu berbuat apa-apa namun kepercayaan itu datang dengan sendirinya tanpa perlu melewati ujian apa-apa.

Jadi, is trust earned or given?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s