Kebuntuan

Akhir-akhir ini aku iseng-iseng nonton Telenovela di Netflix, yang berjudul “Jane, the Virgin”.

Terjebak nonton Telenovela ini memang nggak banget. Ceritanya nggak selesai-selesai, dan tiap episode selalu ada bagian yang bikin penasaran sehingga susah untuk berhenti.

Anyway, walaupun menyebalkan, ada juga kok satu dua dialog atau plot yang menarik dalam Telenovela ini. Salah satunya adalah ketika Jane mengalami “writing block” (note: kalau nggak salah begitu disebutnya di sana).

Writing Block ini digambarkan sebagai sebuah situasi ketika seorang penulis kehabisan ide untuk menyelesaikan cerita yang sedang ditulisnya. Tulisan terasa garing, setiap ide yang muncul tidak menarik, namun cerita juga belum selesai.

Situasi seperti ini sebenarnya sering juga kualami sepanjang sejarahku sebagai seorang tukang ndobos di blog ini yang mana aku tak bisa menyelesaikan tulisanku dengan ending yang menarik sehingga tulisan itu jadi terasa mengambang, tidak menggigit, apalagi mempesona.

Kondisi itu yang seringkali membuatku berkali2 menghapus tulisan-tulisan yang telah susah payah dibuat karena hasilnya “enggak banget“.

Seperti tulisan ini. Yang sedang aku tulis hari ini. Sebenarnya aku juga merasa tulisan ini benar-benar “enggak banget“. Padahal tadi pagi ketika aku sedang menyetir mobil aku merasa hari ini aku bisa menulis sesuatu yang spektakuler.

Kenapa bisa begitu? Aku juga nggak tahu, lha wong Telenovela juga belom selesai dan tidak ada jawaban yang jelas soal kebuntuan menulis itu.

Tapi gimana dong? Apakah tulisan ini harus aku hapus lagi berbagai tulisan-tulisanku terdahulu?

Ya ndak. Kali ini tetap akan aku publish. Perkara jelek atau nggak itu urusan belakangan. Kalau nggak setuju, silahkan komentar ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: