Know Your Capability

Seorang mahasiswa-ku yang sedang dalam bimbingan tugas akhir menyatakan keinginannya untuk membuat sebuah proyek di bidang Data Science yang menghasilkan sebuah system yang bisa menganalisa sentiment di Twitter.

Data Science adalah bidang yang sedang hangat dan seksi akhir-akhir ini, sehingga banyak orang yang tertarik untuk menguasainya, termasuk mahasiswaku ini.

Sayangnya tugas akhir adalah sebuah proyek yang harus diselesaikan dalam waktu singkat. Jika seorang mahasiswa tidak mempunyai kompetensi yang cukup ketika mengambil sebuah topik, maka dia bisa terancam gagal menyelesaikan tugas akhirnya tersebut.

Sebagai seorang pembimbing, yang pertama-tama aku lakukan adalah melakukan penilaian apakah mahasiswa ini memiliki kemampuan yang cukup untuk menyelesaikan tugas itu.

Aku memintanya membuat draft proposal dan Gantt Chart dan mencoba menilai kemampuannya dari situ. Hasilnya sangat meragukan. Dugaanku dia tak mengerti apa-apa tentang Data Science.  Berdasarkan penilaian sementara ini, aku putuskan untuk mewawancari beliau. Dan benar, ternyata mahasiswa ini pengetahuannya masih sangat jauh dari apa yang ingin dia deliver pada tugas akhirnya.

Maka aku kemudian memberi saran,”I understand that you want to learn more about Data Science and make portfolio about it. However, please bear in mind that this is your final project.  You might not be able to get it done within the time limit if your knowledge is still far from required. You will not have enough time to learn all about it.  I recommend you to find something that you already know”

Entahlah apakah benar begini cara seorang pembimbing atau nggak. Lha aku juga baru belajar membimbing mahasiswa tugas akhir jhe.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: