Rencana Yang Sempurna

“Ideas are cheap, what matters is the execution”, demikianlah bunyi sebuah kalimat yang sering aku dengar dari seorang sahabat setiap kali kami bertemu.

Namun walaupun sudah tahu begitu, ternyata tidak jarang aku menunda-nunda untuk melakukan sesuatu sehingga ide hanyalah tinggal ide dan tidak ada sesuatupun dari ide tersebut yang terlaksana – boro2 menjadi kenyataan.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Salah satu penyebab yang aku amati adalah keinginanku untuk memiliki “Rencana Yang Sempurna”. Aku membuang banyak waktu untuk menimbang-nimbang dan membuat rencana. Sialnya, membuat rencana yang sempurna itu tidak mudah.  Bahkan jika boleh aku bilang, rencana yang sempurna itu tidak mungkin bisa dibuat.

Mengapa “Rencana Yang Sempurna” tidak mungkin dibuat? Karena ada begitu banyak faktor yang tidak kita ketahui sebelumnya. Ada begitu banyak rintangan di depan yang tidak kita ketahui. Dan sebaliknya, ada juga begitu banyak kemudahan di depan yang tidak bisa kita lihat sebelum kita menjalaninya.

Bayangkan jika kita adalah seorang pencinta alam yang sedang mendaki gunung yang masih asri yg mana belum pernah ada orang yg mendaki gunung tersebut sebelumnya. Kita tidak tahu jalan mana yg akan membawa kita ke puncak. Ada begitu banyak pohon, jurang dan tebing yang harus kita lewati, yang beberapa di antaranya bisa membawa kita ke puncak, dan beberapa yang lainnya mungkin akan menuntun kita terperosok ke jurang atau bahkan membuat kita tersesat.

Jika kita menunggu siapnya peta untuk mencapai puncak, maka kita tak akan pernah sampai di puncak karena peta tersebut tak akan pernah ada. Maka jika kita benar2 ingin pergi ke puncak, satu2nya jalan adalah mencoba berjalan ke puncak dan membuat peta tersebut sambil berjalan.

Rencana Yang Sempurna? Itulah salah satu tantangan utama yang aku hadapi. Namun pengalaman mengajarkanku bahwa kesuksesan-kesuksesan yang pernah aku dapatkan sepanjang hidup tidak dimulai dari rencana yang sempurna, melainkan dari kemauan yang kuat untuk mulai berjalan dan bergerak.

Bagaimana dengan anda, teman? Apakah juga mengalami masalah serupa?

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s