Made in Indonesia

Minggu yang lalu, Dindaku lagi lihat2 perabotan rumah tangga di salah satu mall di Dubai. Tiba2 dia tertarik pada sebuah cangkir indah bercorak batik. Cantik sekali cangkir itu dan dibelinya. Setelah sampai di rumah, maka kami tergelak, pantas saja ada cangkir corak batik. Karena ternyata cangkir itu made in Indonesia.

Tak selang berapa lama sesudah itu, kami sekeluarga jalan bareng ke mall dengan temanku sekeluarga juga. Saat itu temanku mau cari sepatu untuk marathon. Sambil lihat2, ketemu sepatu Nike. Pas lihat kotaknya, ternyata juga “made in Indonesia”.

Sebelum pulang kami juga mampir ke toko kamera. Ada sebuah kamera digital yg menarik perhatian kami. Kamera yg dirancang untuk konstruksi, sehingga lebih tahan banting. Eh begitu lihat bungkusnya, ternyata juga “made in Indonesia”

Dulu waktu masih tinggal di Indonesia, susah sekali melihat ada barang “made in Indonesia”. Bahkan Nike yg ada di Indonesia aja tidak bertuliskan “made in Indonesia”. Anehnya setelah tidak tinggal di Indonesia, malah sering melihat barang2 berkualitas bagus bertuliskan “made in Indonesia”.

Kenapa ya? Apakah karena orang Indonesia tidak suka beli produk buatan negaranya sendiri? Jangan2 Nike “made in Indonesia” yg sudah diexport itu kemudian diimport lagi ke Indonesia setelah labelnya di ganti menjadi “made in negara lain” ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s