Haruskah dipertahankan?

Aku iseng-iseng melihat statistik blog ini di dashboard. Ternyata pengunjung dan pembaca blog ini sudah sangat berkurang drastis. Dulu ribuan pengunjung dalam 1 bulan, sekarang dalam 1 bulan hanya bebearpa ratus. Walah jauh amat ya berkurangnya sampai cuma satu per sepuluh dari yg pernah ada.

Hal ini sebetulnya bukan hal yg mengherankan, karena blog ini memang sudah sangat jarang sekali aku update sehingga para pengunjung barangkali sudah bosan melihat page ini dan tidak melihat satupun tulisan terbaru muncul di sini. Aku sempat terpikir untuk menghapus saja blog ini, karena aku sudah lama bercita2 untuk membuat blog dalam bahasa Inggris namun selalu aku urungkan karena pemirsa ndobosan di blog-ku ini barangkali menyukainya karena bahasa yg digunakan adalah bahasa Indonesia.  Jika tiba-tiba isinya diganti dengan bahasa Linggis eh Inggris tentu akan membuat banyak penonton kecewa.

Statistik yg menurun drastis ini membuatku berpikir ulang untuk mencoba melakukan rebranding terhadap blog ini, ditulis dengan bahasa Linggis sehingga memperbesar peluang datangnya pembaca ke blog ini tidak terbatas oleh kesulitan bahasa.

Bagaimana menurut teman2 yg masih setia membaca blog ini? Jika blog ini diganti pakai bahasa Engris kira2 akan lebih banyak dibaca atau justru malah tambah jarang yg mbaca ya?

5 thoughts on “Haruskah dipertahankan?

  1. Sebelumnya salam kenal dulu..

    Jangan putus asa.. bagi seorang seniman, mencipta karya seni bukan semata karena hanya ingin terkenal.. demikian seorang blogger, menulis bukan hanya karena ingin menarik pembaca.. keep writing..

    Suka

  2. @aa: salam kenal juga om. Bukannya putus asa sih, tapi cuma mau ganti bahasa penulisan ke bahasa Inggris. Secara tidak langsung bisa mempengaruhi minat para pemirsa.

    Btw, aku bukan seorang seniman lhooo.. tapi seorang Engineer.😀

    @Komo: ini dah diupdate.😛

    Suka

  3. campur aduk aja Bank, ada kalanya pake enggris, kadang indonesa ato mbalah pake multi bahasa. jadi permirsa dari sabang sampe meroke bisa semakin menikmati tulisan yang disajiken n mereka merasa seperti di daerahnya…
    jangan pake gugel translate lho😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s