CCNA Lokal vs CCNA Internasional

Hari ini aku berbincang-bincang dengan seseorang via YM. Pada kesempatan tersebut aku diberitahu bahwa bahwa ada yg namanya CCNA lokal dan ada yg namanya CCNA internasional. Bagi yg belum tahu apa bedanya –seperti aku yg juga baru tahu dari rekan tersebut– silahkan disimak rekaman berikut:

xxxx_x: Lg di australia y ini masnya?
bank_al: nggak kok
xxxx_x: Di indo y?
bank_al: iya
xxxx_x: Ambil ccna dimana ms dulu ?
xxxx_x: Udh internasionl atau ccna lokal?
bank_al: saya ambil CCNA di jakarta kok
bank_al: memang ada CCNA internasional dan CCNA lokal ya?
xxxx_x: Iya
bank_al: oh gitu. Bedanya apa?
xxxx_x: Klo yg internsnl itu lgsg instrktr dr USA
bank_al: instruktur?
xxxx_x: Cisco systm
bank_al: memang CCNA butuh instruktur?
xxxx_x: Yg internsnl
bank_al: oh gitu ya.
bank_al: terus instrukturnya itu tugasnya ngapain?
xxxx_x: Ya sama kyk dosen.
bank_al: hmm gitu ya

Demikianlah kiranya, semoga bemangpaat.

update

21-Jan-2010: Sebetulnya tidak ada yg namanya CCNA lokal atau internasional. CCNA itu didapat melalui ujian yg dilakukan oleh lembaga tertentu yg sudah memenuhi persyaratan untuk mengadakan ujian tersebut, seperti misalnya Vue. Soal ujian, hasil dan kualitasnya sama terlepas di negara manapun ujian dilaksanakan.

Tulisan ini pada awalnya dimaksudkan untuk homor saja, namun berhubung yg membaca tulisan ini serius semua, apa boleh buat update ini terpaksa dibuat untuk klarifikasi.  Jadi nggak lucu lagi deh😦


xxxx_x: Lg di australia y ini masnya?
bank_al: nggak kok
xxxx_x: Di indo y?
bank_al: iya
xxxx_x: Ambil ccna dimana ms dulu ?
xxxx_x: Udh internasionl atau ccna lokal?
bank_al: saya ambil CCNA di jakarta kok
bank_al: memang ada CCNA internasional dan CCNA lokal ya?
xxxx_x: Iya
bank_al: oh gitu. Bedanya apa?
xxxx_x: Klo yg internsnl itu lgsg instrktr dr USA
bank_al: instruktur?
xxxx_x: Cisco systm
bank_al: memang CCNA butuh instruktur?
xxxx_x: Yg internsnl
bank_al: oh gitu ya.
bank_al: terus instrukturnya itu tugasnya ngapain?
xxxx_x: Ya sama kyk dosen.
bank_al: hmm gitu ya

13 thoughts on “CCNA Lokal vs CCNA Internasional

  1. bukan CCNA lokal, Cisco ngadain CNAP Cisco Networking Academy Program, semuanya disebar diberbagai tempat di dunia termasuk di indonesia, syaratnya minimal ada satu orang yang CAI Cisco Academic Instructor, CAI mirip dengan test CCNA Internasional cuma syaratnya minimal dah CCNA yg buat ngajar CCNA, CCNP dan CCIE yg buat ngajar CCNP. lembaga atau universitas yg ngadain CNAP ngasih reward buat yang ngambil CNAP secara lokal, klo dikampus/universitas biasanya sdh masuk kurikulum matakuliah pilihan jadi ngasihnya nilai MKP, trus lembaga sertifikasi yg pake ngasih Certifitet partisipasian CNAP sah2 aja..pi nilai CNAP ngga boleh dibawah kemana2 krna cuma sebagai syarat buat dapetin Voucher test CCNA Internasional dan bukan tolak ukur apakah dia setara dengan CCNA. klo mau dapat gelar CCNA ya mesti ikut ujian internasional gatewaynya ya CNAP tadi buat entery level pi ngga wajib.. intinya semua ujian CC/NA/NS/DP/NP/IP/IE dsb… semuanya internasional.. dan anda berhak menyandang gelarnya jika anda lulus…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s