Komunikasi PC ke Tilpun

Dulu sewaktu aku masih di Jakarta, layanyan komunikasi PC ke Tilpun ini tidak begitu menarik buatku. Lah gimana mau menarik, wong biaya tilpun langsung aja masih lebih murah daripada harus repot2 cari PC/laptop dulu sebelum bisa berbicara meningat orang2 yg aku tiplun ya kebanyakan ada di Indonesia juga. 

Sekarang, setelah jadi perantau di padang pasir ini, biaya telpon mulai terasa membengkak. Dalam nggak sampai 10 menit bicara saja, pulsa seratus ribu langsung amblas ketika aku coba beberapa kali tilpun ke Indonesia. Dan karena kebutuhan untuk tilpun ini makin banyak, maka akupun mulai mencari-cari layanan VOIP -komunikasi PC ke telpon- demi hemat energi (eh hemat biaya).

Problem pertama yg aku hadapi adalah sulitnya mencari layanan VOIP yg mudah dibayar. Sebagian besar tidak menerima PayPal, dan sebagian lagi di-blok oleh Ministry yg konon sengaja melakukan ini supaya provider-provider telekomunikasi mereka tidak kehilangan pelanggan.

Walaupun di blok, namun pemblokiran itu konon tidak dilakukan dengan serius sehingga kadang-kadang bisa dan kadang-kadang nggak. Entah ini memang disengaja atau tidak, aku tidak begitu tahu persis.

Tadi malam, aku sempat mencoba salah satu layanan VOIP dengan globe7. Kualitasnya ternyata sangat memuaskan dan jernih seperti telpon biasa, padahal biaya yang harus aku bayar hanya hampir satu sepersepuluh-nya. Murah sekali bukan?

Sayang sekali, pagi ini ketika aku coba lagi ternyata host-nya tidak bisa aku raih dari sini. Berdasarkan hasil traceroute, aku menduga trafik ke sana dihentikan oleh provider Internetnya. Jika memang sudah terkena blok, maka apa boleh buat tentu saja aku harus mencari lagi layanan-layanan serupa dari penyedia VOIP yg lain.

Nah, berikut adalah beberapa daftar yg sudah aku kumpulkan:

  • Skype: kualitas bagus, harga paling mahal, pembayaran sulit (tidak menerima PayPal)
  • Gizmo: kualitas katanya kalah bagus dengan Skype, harga sama dengan skype, namun bisa dibayar dengan PayPal
  • VOIPcheap: harga paling murah, namun kualitas konon agak kurang (aku belum pernah coba)
  • VOIPBuster: harga murah (nggak jauh dari dari VOIPcheap), kualitas katanya bagus
  • Globe7: harga murah (sama dengan VOIPBuster), kualitas bagus, pembayaran bisa dengan MoneyBookers
Ada teman2 yg bisa menambahkan atau berbagi pegalaman dengan layanan2 komunikasi PC ke Tilpun yg lainnya? Monggo ditunggu sharingnya ya.

 

5 thoughts on “Komunikasi PC ke Tilpun

  1. Loh bang Al, masak Skype gak terima PayPal sih? Dulu saya sering bayar Skype pake PayPal tuh. Lagian Skype udah diakuisisi eBay beberapa taun lalu (dan PayPal juga diakuisisi eBay beberapa taun lalu juga).

    Kalo saya, sekarang lebih banyak pake Gizmo atau Truphone. Truphone ini bagus, cuman aplikasi-nya cuman tersedia untuk Symbian phones aja (gak ada versi PC-nya).

    Suka

  2. Antony: itu karena kamu di Kanada. Di Kuwait sini icon PayPal-nya nggak mau muncul. Yg mau muncul itu Moneybookers. Kalau Gizmo masih bisa dibayar pakai PayPal.

    Btw, apa yg membuatmu lebih suka Gizmo dibanding Sype? Kayaknya sama2 mahal deh. Dan yg PC to Phonenya sih katanya lebih bagus Skype>

    Andra: Katanya Yahoo kualitasnya nggak bagus kalau ke telpon. Aku juga belum coba sih. Pembayaran gimana? Sulid juga nggak?

    Suka

  3. Kualitas Voipbuster agak kacau untuk area selain Jakarta. Ke handphone sih OK, cuma, ya itu mahal banget.

    Mendingan Skype kalau mau telpon ke landline selain Jakarta.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s