Bocor-bocor di Google Chrome

Google Chrome, browser fenomenal yang baru beberapa hari ini menghebohkan dunia Internet ini, ternyata sudah bocor sana bocor sini. Hari ini aku iseng mencari-cari informasi via google tentang kebocoran apa saja yg sudah ditemukan para hacker pada browser baru ini dan menemukan beberapa lobang pada browser ini. 

Berikut adalah beberapa link yg menjelaskan tentang bocor sana bocor sini pada Google Chrome ini:

 

Secara umum, kebocoran ini memanfaatkan kelengahan user untuk membuka file executable lewat browser, baik pada “tombol download yg tampat seperti halaman web” ataupun menipu user untuk mendownload halam tertentu sehingga menyebabkan stack based overflow.
Aku sendiri kebetulan memiliki kebiasaan yg paranoid dalam berinternet sehingga jarang bermain di situs-situs abu-abu pada komputer produktif. Jika aku mencoba mendownload file-file abu-abu maka aku lakukan pada komputer percobaan. Mungkin ini yg sampai saat ini masih menyelamatkanku dari eksploitasi bocor-sana bocor-sini yg ada di Google Chrome ini.
Nah, mungkin bisa menjadi pertimbangan bagi rekan-rekan yg menggunakan Google Chrome agar lebih hati-hati menggunakan browser baru ini, karena tampaknya belum ada uji security yg memadai. Tips sederhana dari saya adalah:
  1. Jangan buka file yg didownload dari browser. Relakan sedikit waktu untuk membuka windows eksplorer untuk membukanya.
  2. Jangan buka file-file executable (baik exe, jar, bat, dan lain-lain) kecuali anda tahu persis file tersebut gunanya apa.
  3. Download-lah file-file hanya dari situs-situs yg dipercaya. Jika situs yg belum dikenal, apalagi yg sudah diketahui situs abu-abu, lakukan di komputer percobaan namun bukan komputer produktif
Demikian sekedar tips dari saya. Selamat bermain Google Chrome.

 

 

11 thoughts on “Bocor-bocor di Google Chrome

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s