Pengaruh Kebiasaan bercerita pada aktivitas blogging

Beberapa hari yang lalu sempat ada email di milis alumni SMA 14 Jakarta yg menyinggung tentang keanehan produk microsoft, dan salah satu point yg diangkat adalah rand(99,100). Tulisan itu tentu saja misleading, karena ujung2nya diarahkan pada keamanan dokumen yg padahal sebetulnya sama sekali tidak berhubungan. Yah namanya juga hoax, memang tidak harus masuk akal. Dan supaya hoax itu tidak sekedar menghabis2kan bandwidth saja, maka akupun mereply email tersebut dengan juga menjelaskan fungsi rand() tersebut.

Hari ini aku tercengang membaca postingan Mas Eko yg juga membahas topik tersebut. Rupanya sebuah kejadian yg menurutku biasa-biasa saja dan tidak membuatku berpikir untuk menuliskannya di blog ternyata bisa menjadi bahan tulisan bagi mas Eko. Pantaslah jika blog Mas Eko ini tidak sepi dari tulisan dan tentu saja juga ramai dikunjungi.

Blog Pak BR juga tampaknya demikian. Beliau ini tampaknya sangat hobby bercerita. Ada begitu banyak topik-topik yg tidak terpikir olehku untuk dituliskan ternyata dituliskan oleh beliau dan rupanya juga menarik bagi banyak pembaca. Tampaknya ini adalah salah satu kiat sukses Pak BR menjaga kuantitas tulisannya sehingga hampir tidak pernah ada hari kosong tanpa posting.

Barulah kusadari bahwa aktivitas blogging rupanya berpengaruh juga pada kebiasaan seseorang untuk bercerita sehingga topik-topik yg menurutku hanya topik sederhana dan tidak perlu diceritakan ternyata ketika diceritakan oleh orang lain dan dikemas dengan baik juga bisa menjadi sebuah cerita yang menarik. Dalam kehidupan sehari-hari akupun termasuk jarang bercerita. Aku lebih banyak bercerita jika ditanya. Namun jika inisiatif awal dariku, sangat jarang sekali terjadi. Yg sering terjadi adalah aku kehabisan bahan cerita dan tak tahu apa yg bisa diceritakan.

Tampaknya kebiasaan bercerita ini perlu aku kembangkan lagi. Bukan hanya berguna untuk membuat blog ini menjadi lebih ramai, namun mungkin akan juga membantu untuk membangun relasi. Seringkali aku merasa nggak punya topik untuk dibicarakan padahal sebetulnya nggak perlu mencari topik yg berat-berat untuk bercerita bukan? Ini mungkin adalah sebuah tulisan nggak mutu yg nggak perlu masuk blog. Tapi bodo amat ah, namanya juga latihan.😀

3 thoughts on “Pengaruh Kebiasaan bercerita pada aktivitas blogging

  1. Ini tentunya malah bisa jadi berubah mjd sebuah kekuatan…. bila semisal kebaikan yg biasa2 aja bisa diubah mjd kebaikan yg sedemikian mbikin orang lain pengen melakukan… waah, ini luar biasa.
    Tapi tentu kita tidak berharap yg sebaliknya terjadi😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s