Tertipu Hitungan Kartu Belanja Carrefour

Aku terkejut ketika melihat besarnya item bunga pada tagihan Kartu Kredit GE (alias kartu belanja Carrefour). Pada bulan sebelumnya, aku memang tidak melunasi tagihan kartu kreditku karena pada saat itu tidak ingat secara pas berapa tagihan yang aku bayar sehingga aku bayar saja Rp 1.100.000. Dan ketika sampai di rumah, aku periksa kembali lembar tagihannya dan merasa tidak perlu melunasi sisanya bulan ini karena total tagihan hanya Rp 1.129.205 sehingga kekurangan pembayaran hanya Rp 29.205.

Lantas mengapa aku terkejut ? Karena ternyata bunga yang harus aku bayar Rp. 49.602. Hal ini sungguh diluar perkiraanku karena ketika aku bersedia berlangganan kartu ini dikatakan bunga hanya 3.5 persen.  Tak pernah terbayangkan sebelumnya bahwa kekurangan Rp. 29.205 bisa menyebabkan aku harus membayar bunga 2 kali lipat dari kekurangan tersebut padahal katanya bunga hanya 3.5 persen dan bukan 100 persen.

Untuk menjawab pertanyaan ini, aku akhirnya memutuskan untuk mencari kejelasan dari Customer Service-nya GE Money. Pada saat pertama, aku tidak mendapatkan penjelasan yang mencukupi dari Customer Service. Dia pada prinsipnya mengatakan bahwa memang segitu yang harus di bayar dan tidak bisa menjelaskan bagaimana cara menghitungnya supaya bisa didapat demikian. Setelah aku kesal dengan pelayanan si staff tersebut, aku tutup telponnya dan aku coba hitung2 lagi dengan OpenOffice. Masih nggak ketemu juga, sehingga akhirnya aku telpon lagi si Customer Service. Kali ini aku dilayani oleh Mbak Nita, yg tampaknya lebih pintar dari staff sebelumnya sehingga mampu menjelaskan kepadaku mengapa aku bisa membayar sedemikian besar.

Rupanya, bunga itu tidak dihitung dari sisa uang yang belum dibayar, melainkan dari bunga harian seluruh transaksi yg pernah dilakukan. Oleh karena perhitungan demikian, aku harus membayar bunga seluruh transaksi dulu baru kemudian dikurangi dengan pembayaran yg aku lakukan.  Dengan hitungan demikian, maka sia-sialah aku membayar hampir lunas pada sebelum tanggal jatuh tempo karena bunga masing-masing transaksi tetap dihitung dan ditagihkan sehingga menimbulkan angka yang menakjubkan tersebut.

Well, terus terang aku merasa tertipu dengan pernyataan bunga 3.5 persen tersebut, karena ternyata perhitungan bunga tidak sesimple iklannya. Aku tidak tahu apakah kartu kredit lain juga melakukan cara perhitungan yang sama. Namun aku terus terang belum pernah mendapatkan angka yang menakjubkan seperti ini karena aku memang terbiasa melunasi kartu kreditku tanpa sisa. Kali ini tidak terlunasi semua karena aku tidak teringat secara pasti angka tagihannya dan tidak mengira bahwa bunganya bisa sebesar itu.

Sebuah pelajaran berharga buatku untuk lebih hati-hati di lain kali dalam memahami bahasa matematika orang ekonomi. Jangan telah mentah-mentah saja iklannya, tapi minta algoritmanya bagaimana mereka menghitungnya jika tidak ingin kaget seperti pengalaman ini.

53 thoughts on “Tertipu Hitungan Kartu Belanja Carrefour

  1. saya jg alami hal trsebut tp ya itu semua kesalahan kita sendiri, low tdk mau kena bunga% make brapa ya mesti bayar lunas jd gk kena bunga%. mereka jg kn mau untung… buat bayar karyawan staf krj mereka jd low semua pemegang kartu crdt sllu bayar tepat dan lunas, saya jamin yg nyediain jasa kartu crdt tsb pasti gulung tikar dlm waktu yg tdk lama wkwkwkwk…..blom lg di tambah yg uda make kaburrr alias gk bayar…

    Suka

  2. ASALAMUALAIKUM

    SELAMAT PAGI ATAU SIANG SEMUANYA
    SAYA ADI JETENDRA USIA SAYA SEKARANG 21 TAHUN DAN SAYA AJUKAN 5 BANK DI INDONESIA TIDAK ADA SATUPUN YANG MENERIMA APPLY SAYA, WAH TERASA GIMANA YA… SEPERTI TIDAK DIEPRCAYA HAHAH SAYA NGAJUKAN 500 JUTA .. YA MANA MAU LAH MEREKA KASIH HAHAHA..
    AKHIRNYA SAYA AJUKAN ULANG DI BNI DENGAN SLIP GAJI SAYA DAN TEMPO HARI SAYA DIKIRMKAN PIN DAN SAYA TELPON CS NYA KAPAN KARTU DIKIRIM KATANYA SETELAH SEMINGGU PIN DIKIRIM SETELAH ITU SAAT INI SAYA MASIH MENUNGGU DENGAR INFO LIMITNYA HANYA 4 JUTA
    MENGAPA SAYA AMBIL KARTU KREDIT KARENA SAYA MAU JADI PENGUSAHA DIKARENAKA SAYA TIDAK ADA JAMINAN APAPUN MAKANYA SAYA MENGGUNAKAN KARTU KREDIT
    DAN SETELAH SAYA BACA ARTIKEL INI DAN KOMENTAR KOMENTARNYA SEMUA KALIAN BENAR DAN SANGAT BENAR SEKALI.
    KARENA KARTU KREDIT NERAKA TAPI JIKA KITA GUNAKAN UNTUK BISNIS BUKAN BELANJA SAJA KALAU KALIAN GUNAKAN UNTUK BELANJA KEPERLUAN PRIBADI ATAU KONSUMTIF BAGAIMANA MAU BAYARNYA
    MARI GUNAKAN KARTU KREDIT UNTUK BISNIS DAN USAHA KITA BAGI YANG MAU USAHA TIDAK ADA MODAL PAKAI KARTU KREDIT..
    DAN JIKA KALIAN GUNAKAN UNTUK BERFOYA FOYA SAYA RASA INI NERAKA BUAT KALIAN
    LIMIT YANG DITERIMA SAYA 4 JUTA BISA TUNAI 2 JUTA DAN 2 JUTANYA DIBELANJAKAN JADI SAYA PIKIR UNTUK USAHA KULINER SAYA INI MANTAP SAYA USAHA DONAT SEPERTI DUNKINDONAT ATAU J.CO DAN UNTUK DIKETAHUI JIKA LIMIT 4 JUTA
    DAN SELAMA BULAN INI HABIS 4 JUTA PADA SAAT PENAGIHAN BAYAR 4 JUTA LANGSUNG JADI KALIAN TIDKA KENA BUNGA DAN MALAHAN LIMIT KITA DITAMBAH
    SAYA SEKARANG AJUKAN DI BCA LAGI UNTUK BELANJA PRODUK KOMPUTER DAN LAIN LAIN ( IT ) KARENA DISKONNYA SAMPAI 15 PERSEN JADI SAYA PIKIR LEBIH BAIK KARTU KREDIT DARI PADA LUNAS JIWA PENGUSAHA ITU MAU DAN BERANI BERHUTANG
    KARENA BANK AKAN LIAT RECORD KITA SELAMA PEMAKAIAN
    DAN SAYA YAKINI KALIAN DAPAT UANG DARI BANK 1 MILYAR JIKA PEMBAYARAN KALIAN BAGUS.
    PERCAYA.
    TAPI JIKA BELUM BERANI BERUSAHA JANGAN PAKAI KARTU KREDIT
    DAN TERMA KASIH BUAT BANG AL SEMOGA INI BERMANFAAT BAGI PEMULA KARTU KREDIT.
    AMIN

    SAYA
    ADI JETENDRA
    DARI YOGYAKARTA

    TAHUN 2013 TANGGAL 15 BULAN SATU

    Suka

  3. saya seorang enterpreneur bidang IT, punya karyawan di luar dan dalam negeri. dan saya pengguna baru dalam hal kartu kredit, itupun cuma punya 1 bank saja.

    sebetulnya tergantung bagaimana kita menggunakan, dan untuk apa tujuan kita menggunakan kartu kredit.

    pengalaman saya: dengan kartu kredit, saya bisa melakukan pembayaran gaji karyawan via paypal yang ada di luar negeri. sekalipun misalkan dana project belum cair dari client, tapi saya merasa terbantu karena bisa bayar duluan ke karyawan. jadi kerjaan bisa tetap jalan. begitu beres kerjaan, client bayar, ya akhirnya saya bisa bayar tagihan kartu kredit.

    itu dari sisi bisnis, nah bagaimaan dari sisi keluarga. jelas, banyak sekali manfaatnya. saat keluarga sakit, dan ternyata belum ada uang ke RS, maka kartu kredit bisa jadi menjadi solusi sementara.

    jadilah enterpreneur, maka kartu kredit akan sangat membatu.

    salam sukses, hepi slalu😀

    Suka

Komentar ditutup.