Tingkat Kebutuhan Blogger menurut Glasser

Sebetulnya sudah lama aku ingin menulis tingkat kebutuhan Glasser ini di blog-ku hanya saja tidak pernah kesampaian hingga hari ini. Berhubung Om Wadehel sedang membahas tingkat kebutuhan blogger menurut Maslow, maka aku pikir ini adalah momen yang tepat untuk meluncurkan tulisan ini.

Glasser mengatakan bahwa setiap manusia memiliki 5 kebutuhan, yaitu 1. Survival, 2. Love and Belonging, 3. Power, 4. Freedom dan 5. Fun. Masing-masing kebutuhan ini ada pada setiap orang secara bersamaan (tidak bertingkat-tingkat seperti teori Maslow) dan yg membedakan seseorang dengan orang yg lain adalah level atau score atas masing-masing kebutuhan tersebut. Ada orang yg mempunyai kebutuhan power sangat tinggi dan memiliki kebutuhan lainnya rendah, sementara yg lain ada yg memiliki kebutuhan power dan freedom sangat tinggi padahal love dan belongin rendah.

Ada penjelasan yang panjang yg bisa dibaca di bukunya William Glasser yg berjudul Choice Theory.  Buku ini konon menjadi salah satu kitab para psikolog dalam menangani pasien-pasiennya.  Saya tidak akan menjelaskannya di sini secara panjang lebar namun mencoba menjelaskannya lewat contoh saja.

1.  Survival

Blogger yg ngeblog karena kebutuhan fisik adalah blogger yg sedang memenuhi kebutuhan ini. Sebagai contohnya adalah blogger yg dibayar ketika menulis blog sehingga uang yg didapat bisa digunakan untuk makan

2. Love and Belonging

Ciri-ciri blogger dalam kategori ini adalah blogger yg menulis sesuatu supaya mendapatkan teman. Blogger yang dalam kelompok ini juga bisa diidentifikasi dari komentar-komentarnya pada blog lain. Blogger yg sering menulis “pertamaaax” dan komentar lucu-lucu di blog lain bisa termasuk dalam kelompok ini

3. Power

Ini cukup mudah dan banyak bisa kita temukan di blogosphere. Blogger yg senangnya menjelek2an orang lain, mencaci maki orang lain, atau hobby melakukan debat kusir termasuk dalam kelompok ini. Blogger dalam kelompok ini akan merasakan kenikmatan ketika dia dianggap pintar, hebat sehingga kebutuhan powernya terpenuhi. Selain tipe di atas, ada juga blogger yang memenuhi kebutuhan power dengan cara yang bijak, yaitu menunjukkan dirinya pintar tanpa menjatuhkan orang lain atau mencari musuh.

4. Freedom

Blogger dalam kategori ini adalah blogger yg ingin melakukan sesuatu seperti apa yg dia mau. Dia tidak suka diatur oleh orang lain atau aturan apapun yg mengikatnya. Makin kencang aturan mengikatnya, maka kebutuhan freedom-nya makin tidak terpenuhi. Blogger-blogger dalam kelompok ini biasanya stress jika berhadapan dengan blogger-blogger lain yg dalam kelompok 3 karena blogger dalam kelompok 3 senangnya mengatur, padahal si freedom blogger tak suka diatur

5. Fun

Glasser mendefinisikan kebutuhan Fun itu sebagai “the joy of learning”.  Blogger-blogger dalam kategori ini cenderung membuat blog yang isinya terbuka dan bersedia menerima masukan.  Si Fun Blogger tidak hanya bahagia bisa membagikan ilmunya pada orang lain, namun juga gembira ketika orang lain berpartisipasi pada tulisan-nya dan menambah wawasan serta pengetahuannya.

Nah, kira2 demikianlah teori Glasser mengenai kebutuhan manusia yang memiliki prespektif berbeda dengan Maslow. Dengan pengetahuan ini, kira2 anda termasuk blogger dalam kelompok mana ya ?

14 thoughts on “Tingkat Kebutuhan Blogger menurut Glasser

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s