Apa gunanya sekolah Komputer ?

Sudah cukup lama rasanya tidak menulis dalam bahasa manusia sehingga hari ini rasanya kepingin lagi menulis dalam bahasa manusia. Dan seperti biasa, jika sudah lama tak menulis, saya mengalami kebuntuan ide sehingga tidak tahu apa yg menarik untuk ditulis. Akhirnya, kembali ke metode lama, dengan blogwalking saya menemukan ide yg sedikit menarik minat saya untuk sedikit menulis hari ini.

Ide ini muncul dari tulisan Pak Budi yg berjudul Perlukah Sekolah Komputer. Pak Budi menjawab “Ya” pada tulisan tersebut, namun masih belum memberikan jawaban lebih detail pada tulisan tersebut. Kelihatannya Pak Budi akan menulisnya pada episode berikutnya, yang tentu saja sudah ditunggu-tunggu oleh khalayak ramai.

Saya sendiri melihat jawaban atas pertanyaan ini sangat relatif, yaitu bisa “Ya” dan bisa juga “Tidak“. Mengapa saya menjawab demikian ? Karena sebelum menjawab pertanyaan itu, semestinya kita menjawab dulu pertanyaan,”Apa tujuan saya sekolah di sekolah komputer?“.  Jika saya tak punya tujuan, maka jawaban atas pertanyaan itu sangat mendekati ke “tidak“. Sedangkan jika saya punya tujuan, maka masih ada lagi pertanyaan lanjutan yg harus dijawab yaitu,”Apa gunanya sekolah komputer ?

Sebagian orang mungkin ingin sekolah di sekolah komputer untuk mendapatkan pekerjaan. Dengan tujuan ini, sekolah di sekolah komputer mungkin ada gunanya karena beberapa lowongan memang hanya meminta syarat ijazah sekolah komputer dan tidak mensyaratkan keahlian.

Di sisi lain, ada juga beberapa tempat yang tidak hanya membutuhkan ijazah sekolah komputer namun lebih mementingkan keahlian praktis. Sehingga ijazah sekolah komputer bukan jaminan bagi seseorang untuk mendapat kerja. Apalagi ditambah kenyataan bahwa ada banyak juga orang-orang yg tidak sekolah di sekolah komputer namun bekerja di area komputer dan bahkan bisa menjadi CCIE (eh, networking ini termasuk komputer khan ya ?) yang bahkan lebih diminati oleh employer dibanding seorang lulusan sekolah komputer namun tidak bisa apa-apa.

Akhirnya, saya kira tidak ada jawaban general atas pertanyaan,”Perlukah sekolah komputer ?” jika jawaban atas pertanyaan itu diharapkan berhubungan dengan “lapangan pekerjaan”. Namun jika dihubungkan dengan “Ilmu Komputer”, maka jawabannya adalah “ya”. Sekolah di sekolah komputer itu perlu untuk mempercepat proses belajar karena si pelajar akan terbantu oleh adanya kurikulum dan pengajar yg ada di sekolah komputer tersebut. Tentu saja seorang bisa saja belajar sendiri alias autodidak (note: ini tulisannya bener nggak ya?), namun percepatan belajar sendiri tentu akan berbeda dengan belajar pada sebuah institusi yang sudah mengkondisikan seorang pelajar untuk lebih mudah mempelajarinya.  Hal ini tentunya berlaku bukan hanya untuk sekolah komputer, namun juga sekolah-sekolah lainnya termasuk sekolah menjahit sekalipun. Iya ndak ?

11 thoughts on “Apa gunanya sekolah Komputer ?

  1. saya saat ini mengelola sebuah lembaga pendidikan, muridnya lebih kurang 150, setingkat smp dan sma, sampai saat ini belum saya beri ijazah bila mereka lulus, mereka juga tidak sekolah di sekolah formal yang ada. perlu tidak mereka diberi ijazah? kalau masalah kemampuan mereka bisa lebih baik dari anak-anak seusia mereka/ setingkat mereka. ada yang bisa membantu saya untuk memberikan alasan perlu atau tidak berijazah?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s