Tidak Comfort di Comfort Zone

Berkali-kali aku mendengar dan membaca istilah comfort zone dalam berbagai wacana menganai pengembangan karir. Hampir semua narasumber atau tukang ndobos menyarankan agar supaya kita tidak terjebak dalam confort zone yg konon katanya bisa membuai, membius dan membunuh.

Konon yg disebut Comfort Zone alias Zona Nyaman ini adalah suatu kondisi di mana seseorang merasa aman dan nyaman dengan keadaan yg dimilikinya saat ini sehingga tidak ingin dan takut untuk berubah.

Contoh kasus orang yang berada dalam Zona Nyaman adalah orang yang sudah mempunyai posisi bagus di tempat kerjanya, gaji besar, asuransi kesehatan ditanggung penuh, bonus besar dan lain sebagainya. Dalam keadaan seperti ini, orang ini berhenti untuk bermimpi dan berharap sesuatu yg lain dan bahkan takut kehilangan apa yg didapatnya.

Aku mencoba bertanya pada diri sendiri, apa iya begitu ? Entahlah, barangkali aku memang kurang menyimak sewaktu orang bicara soal Zona Nyaman. Aku pribadi saat ini berada pada situasi yang menurut orang-orang adalah zona nyaman. Anehnya, aku justru tidak merasa nyaman dengan keadaan seperti sekarang ini. Aku merasa tidak nyaman karena tidak lagi banyak belajar. Aku merasa tidak nyaman karena tidak lagi terus berkembang. Aku tidak nyaman karena terlalu lama tidak lagi bermimpi.

Banyak orang yg heran dan bertanya.  Apa lagi sih yg kamu cari Bank Al ? Sulit bagiku menjelaskan bahwa aku tidak nyaman di zona nyaman. Lah, piye toh ? Apakah Zona Nyaman ini memang Oxymoron bagiku ya ?

22 thoughts on “Tidak Comfort di Comfort Zone

  1. Ping-balik: Bukan berjudi, tapi berhitung « Namaku Bank Al

Tinggalkan Balasan

