Keberuntungan wong jowo bukanlah keberuntungan

Salah satu warisan budaya Jawa adalah kebiasaannya yang selalu bersyukur atas segala yang didapatkannya, bahkan termasuk musibah yang menimpanya. Berikut adalah keberuntungan yg sering didefinisikan sebagai keberuntungan versi wong jowo, yg selalu bilang untung walaupun ditimpa kesialan.

Waktu ia ketabrak bajaj, ia akan bilang, untung bukan mikrolet.

Waktu rumahnya kena gempa, ia bilang, untung bukan kemblegan meteor.

Waktu suaminya ketangkep hansip karena saru dengan wanita lain, ia
bilang untung bukan kelon dengan bencong.

Pas tasnya dijambret ia bilang, untung bukan kalungnya.

Apakah peristiwa-peristiwa di atas adalah keberuntungan? Jika yang digunakan adalah  definisi keberuntungan yg telah saya tulis sebelumnya, maka event-event di atas itu bukanlah sebuah keberuntungan.  Karena sesuatu itu disebut keberuntungan hanya jika ada sebuah harapan yang terpenuhi dari peristiwa tersebut. (lihat di sini untuk lebih detail)

Contoh saja, seseorang yg ketabrak bajay. Bagian mana yg merupakan harapan? Saya tidak melihat adanya seseorang yg mendapatkan harapan dengan proses yg tidak terencana dalam peristiwa ini. Yg ada hanyalah orang yg mendapatkan sesuatu yang tidak diharapkan, sehingga lebih cocok disebut kesialan.

Demikian juga dengan peristiwa rumahnya kena gempa, suaminya ketangkep hansip, atau tasnya dijambret. Semua ini tidak masuk dalam definisi keberuntungan yg saya tuliskan sebelumnya. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, peristiwa ini tidak disebut “luck”. Ini lebih cocok disebut “downward comparison”, atau membandingkan musibah dengan kejadian yg lebih buruk.

Di samping itu, yg namanya keberuntungan itu bukan lawan makna dari kesialan. Lawan makna keberuntungan adalah tidak beruntung. Sedangkan lawan makna sial adalah tidak sial.
Orang yg tidak beruntung belum tentu sial. Sebaliknya orang yg tidak sial belum tentu juga beruntung.

Ketika seseorang selamat dari ambruknya sebuah tembok karena kebetulan dia tidak lewat di samping tembok yang akan ambruk tersebut, maka menurut saya dia hanya tidak sial. Walaupun dia tidak sial, dia juga tidak beruntung, karena tidak ada harapannya yg terpenuhi karena kejadian tersebut.

Kesimpulannya, keberuntungan wong jowo itu bukanlah keberuntungan.Keberuntungan wong jowo itu hanyalah tidak sial, atau tidak lebih sial (downward comparison).

Tulisan terkait:

  1. Meraih cita tanpa peta menuju cita
  2. Apakah keberuntungan itu?
  3. Bagaimana menghentikan Bad Luck?
About these ads

23 thoughts on “Keberuntungan wong jowo bukanlah keberuntungan

  1. Mengapa terlalu terpaku pada sebuah definisi ? Kenapa tak terbuka menerima esensi ? Jika definsi digunakan sebagai referensi asumsi, maka segalanya hanya masalah sudut pandang/kerangka acuan dan skala. Penyikapan yang ‘bener tur pener’ atas hidup, jauh lebih penting dari hidup itu sendiri. Karena hidup itu berbatas, sedangkan kebaikan itu tidak.

    bank al:
    Anda benar. Tujuan saya mematok definisi adalah agar diskusi jelas dan terarah. Tanpa definisi yg jelas, diskusi akan melebar kemana-mana dan tidak terkendali sehingga tulisan saya tentang keberuntungan ini jadi meaningless.

    Suka

  2. mau jadi MANUSIA BERUNTUNG ada 2:

    1. jadilah orang biasa-biasa saja. (jadi diri sendiri, sederhana).
    2. lakukan pengorbanan (sedekah, menolong org apes, org miskin, org sedih, hewan kelaparan, dsb.)

    atas: sedekah
    tengah: keberuntungan
    bawah: sederhana

    kalau sudah bisa hidup begitu maka faktor yang paling sering kita alami adalah yang ditengah yaitu keberuntungan. meskipun nanti ada saat-saat naik dan turun yaitu sedekah dan kecukupan.

    Suka

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s