Internet bukan dunia maya

Sejak awal mengenal Internet hingga sekarang,  saya masih tidak mengerti mengapa Internet disebut Dunia Maya. Ada beberapa penjelasan yang pernah saya baca, namun tetap belum terasa pas bagi saya. Yang saya rasakan Internet ini hanyalah sebuah media komunikasi saja dan yang membedakan dengan apa yg disebut Dunia Nyata hanyalah teknologi komunikasi yang digunakan saja. Jika zaman dulu orang menggunakan Burung Merpati untuk menyampaikan pesan, maka di dunia maya pesan dikirimkan dalam bit-bit data. Namun yang berkomunikasi di sana tetap saja manusia yang sama dengan manusia-manusia yang bisa saya lihat sehari-hari. Saya masih belum bisa melihat mengapa manusia yang berkomunikasi menggukan Internet disebut Komunitas Maya sedangkan manusia yang berkomunikasi lewat surat atau telpon disebut komunitas nyata.

Hari ini saya menemukan sebuah penjelasan tentang Community 2.0 di wikipedia. Walaupun penjelasan wikipedia ini masih menyebutkan Virtual Community (alias dunia maya), namun penjelasan di sini lebih mengena bagi saya karena di situ dijelaskan bahwa yang terjadi itu sebetulnya adalah evolusi karakter sebuah komunitas. Jika pada Community 0.0 (yang disebut juga Dunia Nyata oleh sebagian orang) sebuah komunitas yang terbentuk membutuhkan pertemuan secara fisik namun pada Community 1.0 ke atas komunitas sudah bisa terbentuk tanpa membutuhkan pertemuan secara fisik. Walaupun teknologi pra-Internet sudah memungkinkan manusia untuk berkomunikasi jarak jauh (tanpa harus bertemu secara fisik) seperti menggunakan pesawat telepon atau surat, namun media telekomunikasi pada saat itu tidak medukung untuk terbentuknya sebuah komunitas.

Sebetulnya masih ada sebuah bentuk komunitas yang bisa terbentuk tanpa pertemuan secara fisik pada masa pra-internet. Komunitas ini adalah komunitas break-break-an atau komunitas interkom. Jika pertemuan fisik adalah kriteria pemisah antara dunia nyata dan dunia maya maka komunitas break-break-an ini semestinya termasuk dunia maya juga, namun tidak banyak orang yang menyebutnya demikian sehingga kriteria pemisah antara dunia nyata dan dunia maya hanyalah media komunikasi yang digunakan, apakah menggunakan Internet atau bukan.  Entahlah mengapa Internet disebut Maya sementara bukan Internet disebut nyata, padahal menurut saya Internet itu juga nyata.

Kriteria pembeda Community 0.0, 1.0 dan 2.0 juga masih belum menampung komunitas break-break-an. Namun dengan pemahaman tentang pergeseran metode interaksi komunitas ini maka kita tidak akan kesulitan menempatkan komunitas break-break-an. Jika tidak cocok di community 0.0 atau community 1.0, maka kita bisa menyelipkan sebuah versi community 0.5 untuk komunitas break-break-an. Entah akan ada berapa versi lagi perubahan yang akan terjadi. Yang jelas perubahan ini membuat dunia makin terasa kecil dan manusia makin mudah untuk masuk dan bergabung dalam sebuah komunitas.

About these ads

46 gagasan untuk “Internet bukan dunia maya

  1. kalau (menurutku) dulu disebut sebagai dunia maya, karena orang yang kita ajak bicara nggak ngerti wajahnya, silsilahnya dan lain sebagianya. bahkan biasanya orang (yang sedang chatting) suka nipu-nipu atau asal sebut nama, jenis kelamin dan alamat dia berada. pokoknya bener-bener nggak jelas.

    Like this

  2. Internet bukan dunia maya walaupun kita bisa menemukan dunia maya di Internet. Implikasi tidak bersifat dua arah. Seperti Jakarta itu Indonesia, tetapi bukan berarti Indonesia itu Jakarta. Internet adalah teknologi yang memungkinkan terbentuknya dunia maya. Cap dunia maya terbentuk karena salah satu yang mempopulerkan Internet di masa awal ke masyarakat umum adalah adanya dunia maya yang bisa dimasuki.

    Hal yang serupa dengan kasus ini adalah Internet dan web. Bagi kebanyakan orang Internet itu ya web. Padahal web hanya sebagian dari Internet saja.

    Like this

  3. lah piye fi, elo biasanya baca koran kemaren lah baca tulisan bermutu yah kayak gini *tendang luthfi ke tukang koran loakan

    BTW emang dunia maya itu sebenernya ada dalam bawah sadar kita, dan selam kita dalam kondisi nyata, apapun alat komunikasi dan medianya, maka itu tetep dunia nyata, adapun yang pembohong2 di dunia internet hanyalah warna dari sebuah komunitas lain di internet.

    Like this

  4. betul kata pak adhisimon…internet merupakan jembatan menuju dunia maya…dunia maya atau dunia virtual seperti namanya dunia yang tidak berbentuk alias abstrak, tidak ada batas yang tegas dan komposisi dunianya pun tidak jelas…

    Like this

  5. Hmm, saya rasa terjemahan “virtual community” ke “dunia Maya” kurang tepat. Virtual community bukan berarti virtual world. Mungkin lebih tepat disebut pseudo-community, dimana ada komunikasi yang lebih rich dibanding voice-only. Internet blog juga memudahkan orang untuk mempublikasi sendiri. Beberapa tahun lagi video-chat group akan betul2 menjadi realitas. Then it becomes interesting. [TH]

    Like this

  6. Internet adalah dunia maya at least pada beberapa peristiwa dengan contoh nyatanya dibuatnya games second life. Kita bisa membangun dunia sendiri, membuat karakter sendiri, berinteraksi, membeli properti dan sebagainya.

    Like this

  7. seperti yang disebutkan mas Hardjono di atas, benar bahwa terjemahan dunia maya tidak benar-benar tepat untuk menggambarkan virtual world.
    virtual bisa diartikan ‘pseudo’, atau digambarkan sebagai ‘looks the same, to some extends’ atau ‘feels like it, in some measured parameter’.
    sementara ‘dunia maya’ lebih menggambarkan dunia lain yang tidak kelihatan(?)

    jadi memang benar bahwa internet bukan dunia maya, tapi internet adalah dunia virtual.

    Internet berperan sebagai ‘enabler’ yang memberikan ekstensi pada fungsi. Contohnya virtual office (media atau system yang menjalankan fungsi kantor, tapi tidak ada fisik kantornya), virtual community gathering (self explained), virtual world (pada game 3d), dsb.

    Like this

  8. #10: Saya setuju kalau Game itu disebut dunia maya. Memang game itu isinya cuma khayalan. Kita merasa punya rumah, tapi nggak betul2 punya rumah. Serasa menjadi pembalap, padahal nyetir mobil aja nggak bisa.
    Namun game bukan Internet. Dan game tidak selalu bagian dari Internet. Ada banyak Game yg stand-alone tanpa Internet.

    Internet sendiri hanyalah teknologi komunikasi.

    Like this

  9. #8: Yap, mungkin di masa datang manusia bahkan akan bisa merasa bersentuhan dengan orang lain walaupun terpisah jarak yang jauh seperti yg pernah dikhayalkan oleh film “Demolition Man”.

    However, komunikasi melalui Internet, baik hanya dengan voice, atau bahkan video sebetulnya mirip sekali dengan komunikasi sehari-hari sejak dulu. Yg membedakan cuma media-nya saja. Sesuatu yg dianggap real world menggunakan media udara, sementara Internet menggunakan gelombang elektronik.

    Lain dengan Game di mana manusia merasa sedang mengemudikan kendaraan sambil menembak padahal tidak ada kendaraan yg dikemudikan dan peluru yang dimuntahkan.
    Kecuali jika yg membaca dan menjawab tulisan saya ini adalah bot, maka saya saat ini sedang benar2 berkomunikasi dengan manusia bukan cuma dalam khayalan saya.

    Like this

  10. hehe.. saya jd teringat kata dosen saya yang berkata “kalau orang bule disana menganggap, indonesia adalah bagian dari bali”

    Like this

  11. Ping-balik: Internet bukan Dunia Maya « Freddy Hernawan

  12. Disebut dunia Maya mungkin yang menemukan Maya atau Ibunya Maya atau Bapaknya Maya atau Ibu dari nenek dari adik dari sepupunya Maya..

    Like this

  13. Kalo menurutku ya semuanya mungkin bisa dibilang dunia maya. Karena tidak bertatapan secara langsung. Kalo secara fisik bertemu itu baru nyata.
    Gak tau lagi sih. bingung juga mikirin ini.

    Like this

  14. Ping-balik: wadehel « [roffi’s blog]

  15. Internet is reality and it is shaping the new world. TIme for third world countries to catch with with big guys. Hope we can make best use of this opportunity. It wouldn’t be exagerrate to call it blessing.

    BY: Akhter- always busy making teak garden furniture

    Like this

  16. Ketika ku menyadari internet itu penting saye pengen banget bisa mengakces internet, ketika saye ingin belajar ke universitas uang tak punye…………. saye kira harapan saye bisa pandai internet sudah berakhir… akhirnya ada juga seseorang yang mengembalikan semangat saye untuk mengetahui tntang internet dan itu gratis terima kasih temen saye tidak akan melupakan jasamu ………..

    Like this

  17. wahhhhhhhhhhhhhhhhhhhh!! pengertian internet tu ap y

    bank al:
    Internet = Komputer-komputer di seluruh dunia yg dihubungkan oleh jaringan komputer global.

    Like this

  18. Ok saya terima, bahwa jaringan itu nyata. Jaringan komuter yang terhubung di seluruh dunia.

    Bagaimana dengan Jaringan Tanpa Kabel??? Saya rasa semua orang akan menyebutkan bahwa “INTERNET ITU DUNIA NYATA” jika semua orang sudah bisa melihat sinyal, frequensi, dan gelombang dengan mata telanjang. Kenapa dikatakan MAYA?, menurutku karena sinyal, frequensi, dan gelombang itu tidak dapat dilihat dengan mata telanjang tetapi bisa di deteksi dengan alat tertentu.

    Kesimpulannya ya… kalo hantu bisa di deteksi oleh alat, maka saya akan menyebutnya dunia maya bukan dunia gaib.

    Like this

  19. Kebanyakan belajar bit-bit data jadi kaya gini nih.. lupa sama pelajaran Fisika. Saya tes ya… sebutkan sifat-sifat cermin..???

    saya pikir cermin itu nyata, bisa di pegang, bahkan bisa di pecahkan oleh kita…

    Sifatnya sayang… yang maya… begitu juga dengan internet..

    Like this

  20. Mas Ninja,
    Cermin itu adalah sesuatu yg nyata. Yaitu sebuah benda yg bisa membentuk gambar berdasarkan refleksi.
    Yg maya itu adalah bayangan yg ada di cermin, sementara cerminnya sendiri adalah nyata.
    Jadi jika anda berbicara dengan bayangan anda di cermin, maka anda sedang ada dalam dunia maya.

    Demikian juga Internet, yg tidak lain dan tidak bukan hanya sebuah teknologi jaringan komunikasi. Bedanya, manusia-manusia yg ada di sini juga real. Saya bicara dengan anda, semestinya juga sedang berbicara dengan manusia sungguhan, tidak seperti saya bicara dengan bayangan saya di cermin.

    Like this

  21. saya juga kurang setuju kalok internet itu disebut duniya nya maia, soale mulan khan sesekali maen internet juga, knapa nggak disebut duniya mulan aja sekaliyan?!? :?
    seuriyus:
    masalah penyebutan duniya maya, pengen ikut urun rembug mas. kalok ngeliyat perbandingannya dengan komunikasi2 jaman dulu, doro (merpati), surat dan break-breakan, internet lah yang menurut saya bener2 bisa layak disebut sebagai duniya, dengan segala kemampuwan yang dimilikinya. internet sangan kumplit, dan bisa mempasilitasi terbentuknya komunitas2 pirtuwal yang berpariyasi. karena kekumplitannya itulah kenapa internet disebut sebagai suwatu duniya tersendiri, dan karena bentuknya yang pirtuwal itulah kenapa duniya tersebut dinamai sebage duniya pirtuwal ato duniya maia :? :D

    Like this

  22. lho.. jadi selama ini saya hidup di dunia maya?? lha kita kenal juga di “dunia maya”. :P Internet = dunia maya ?? tidak setujuuuuuuuuuuuuuuu :P sekian dari saya.. terimakasih :P btw, apa kabar pak?

    Like this

  23. Ping-balik: oomnyafahrel Personal Weblog » Blog Archive » Menjelajah Dunia Maya

  24. halah.. gitu aja kok repot. tinggal pake aja teknologinya pun. ngga usah pusying mikirin internet itu apa? dr siapa? bagaimana? kecuali anda ingin membentuk teknologi sendiri saingan internet.

    Like this

  25. Pendapat saya adalah sebagai berikut :

    Dalam “internet” kita bisa memanfaatkan fasilitas interkoneksi yang paling muthakir untuk saat ini tergantung dari kemampuan dan motivasi masing-masing. Nah aplikasi yang menjadikan internet sebagai sebuah “dunia” di sini tidak terbatas pada teknologi dari bagian internet itu sendiri seperti web, p2p, dll.. tetap lebih pada pemanfaatannya.

    Contoh :
    dengan sebuah web kita bisa berinteraksi antar daerah, kultur, ras, agama yang semuanya itu bersifat “global” atau mendunia yang terbungkus menjadi sebuah “social networking”.

    Nah, beda internet di sini dengan radio amatir, telpon, sms, intercom dll.. adalah bahwa internet lebih “luas” dan tidak terbatas pada sebuah komunikasi untuk satu “indra” saja tetapi sudah merambah pada suatu “kebutuhan hidup” belanja, dan bertransaksi online, hubungan sosial, komunikasi, gaya hidup, informasi dan itu semua di ibaratkan sebagai sebuah “dunia” yaitu dunia yang bersifat “maya”, abstrak, semu..

    Memang di dalam dunia maya tersebut kita bisa melakukan hal-hal konkrit dan nyata tetapi tetap kita melakukannya di dunia yang di bentuk dari sebuah “koneksi” internasional dan hubungan tersebut tidak bisa kita gunakan untuk bertinteraksi secara “fisik” dan nyata.. karena semua media di internet adalah representasi dari sebuah data “0″ dan “1″ .. walaupun mungkin hasil akhirnya adalah perubahan dari sebuah bentuk “fisis”, visual, audio, mekanik, panas dingin dll..

    dan kita masih membutuhkan “dunia nyata” untuk pergi suatu tempat, bertemu seseorang dan “berkontak fisik”.. salaman, ciuman, pelukan…lalu di tampar :d :) .

    Apakah anda bisa mencium sesorang lewat internet dengan bibir anda sendiri? :) mungkin bisa di masa depan kalau sudah ada sistem “teleportation” wekekeke ..

    What ever walaupun pemahaman sering berbeda-beda tapi minumnya tetep teh botol “sosor” kan?

    sory OOT :d

    Like this

  26. internet. . .? ap ya,jd bingung. .
    ad org nyebutnya dunia maya tau dunia virtual dll. . .
    pendapat smuanya benar kok. .

    yg gue bingung dunia alam kubur. . .
    dunia yg gk bisa d deteksi sama alat apapun. .? he he he. . .

    Like this

  27. Ping-balik: Internet bukan dunia maya | Cyber D3 Unggul

  28. internet bukan dunia maya…menarik juga..di dunia nyata, kepada orang yang tidak dikenal, yang kita lihat tanda-tanda status sosialnya…kalau di internet. kata-kata dan gambarnya… ganti gambar ganti penampilan..kita bisa ganti foto profile dengan marylin monroe.

    Like this

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s