Ngadutrafik 2007 dan perilaku lapor-melapor

Pada awalnya saya tidak begitu peduli dengan kontes SEO yg dikenal dengan ngadutrafik 2007 ini. Selain sulit menemukan topik yang menarik untuk keyword tersebut, saya juga tidak hobby menulis sesuatu yang mengada-ada dan tidak menarik minat saya. Mengapa akhirnya hari ini aku menulis juga topik tentang ngadutraffik 2007 ? Tidak lain dan tidak bukan karena pagi ini membaca blog-nya Vavai dan Priyadi dan menyadari bahwa telah terjadi huru-hara akibat ngadutrafik 2007 ini yang membuatku teringat akan perilaku lapor-melapor yang dimiliki sebagian bangsa Indonesia.

Jika Priyadi lebih tertarik membahas blackhat atau whitehat SEO, maka saya lebih tertarik pada perilaku Nenda yang melaporkan para blackhat itu ke wordpress. Walaupun ada yang membenarkan sikap Nenda yang dianalogikan sebagai anak baik yang melaporkan anak yang menyontek di kelas, namun saya kebetulan tidak sepaham dengan ini.

Alasan pertama adalah karena saya tidak suka melaporkan teman saya yg mencontek, karena itu bukan urusan saya. Itu adalah urusan di penyontek sendiri dengan sekolah (kalau ketahuan). Sedangkan alasan kedua adalah bahwa si blackhat itu merugikan saya (jika saya jadi Nenda) adalah ketika dia menyampah di blog saya. Dan oleh karenanya yang harus ditindak adalah perilaku menyampahnya (seperti dengan memasang antispam), bukan dengan melaporkan blog-nya dan meminta agar blog-nya di suspend. Orang yg menyampah di rumah orang khan belum tentu menyampah di rumahnya sendiri. Selain itu kita tidak bisa mengatakan blog seseorang adaah sampah hanya karena dia mengikuti lomba ngadutrafik 2007.

TOS yg diberi warna biru oleh wordpress adalah: “the Content is not spam, and does not contain unethical or unwanted commercial content designed to drive traffic to third party sites or boost the search engine rankings of third party sites, or to further unlawful acts (such as phishing) or mislead recipients as to the source of the material (such as spoofing);”

Mari kita cermati TOS tersebut untuk mengetahui apakah sebuah blog telah melanggar ketentuan atau tidak.

1. The contect is not spam. Point ini menurut saya lebih tepat diputuskan oleh wordpress. Kita tidak bisa menuduh blog orang lain adalah spam hanya karena kita tidak menyukainya. Blog saya ini mungkin saja dianggap spam oleh orang lain karena mereka tidak suka isinya.

2. does not contain unethical or unwanted commercial content designed to drive traffic to third party sites or boost the search engine rankings of third party sites. Jika dicermati point ini, maka blog yg melanggar adalah blog yg dirancang untuk membawa traffic ke situs third party (dalam hal ini bukan situs wordpress) atau meningkatkan peringkat situs third party dalam rangking search engine. Sementara pada lomba ngadutrafik 2007 ini, yg ditingkatkan justru trafik ke wordpress (karena blog peserta itu di wordpress), bukan trafik ke third party. Oleh karenanya, blog-blog para peserta yg ada di wordpress juga tidak melanggar point ini.

3. or to further unlawful acts (such as phishing) or mislead recipients as to the source of the material (such as spoofing). Saya cukup yakin, walaupun belum membacanya, bahwa blog-blog tersebut tidak membuat misleading. Menurut perkiraan saya, sebagian besar orang yg mencari dengan keyword ngadutrafik 2007 memang bertujuan untuk melihat topik yg relefan dengan lomba ini. Memangnya orang menulis keyword ngadutrafik 2007 di search engine berharap mendapatkan informasi apa ? Apa iya mereka berharap melihat model bikini terbaru dengan keyword tersebut ?

Akhirnya saya penasaran dan ingin tahu apa jawaban Nenda atas pelaporan ini. Salah satu alasan Nenda adalah,”Saya hanya membantu menjalankan peraturan tersebut sama seperti orang yang melapor ke polisi apabila melihat adanya penganiayaan di STPDN IPDN“. Menurut saya hal ini kurang tepat. Memang dalam kasus ngadutrafik 2007 ini siapa yg teraniaya dan siapa polisi-nya? WordPress adalah yg teraniaya sekaligus polisi ? Bukankah polisi bisa membela dirinya sendiri tanpa harus menunggu orang melapor pada dia ? :) Saya lebih setuju dengan analogi murid yg melapor temannya menyontek. Ini bisa jadi dilakukan si murid baik ini karena dia merasa teraniaya karena si penyontek bisa mendapatkan nilai yg lebih baik daripada nilai yg didapatnya.

Anyway, yg dilakukan Nenda itu sebetulnya banyak juga dilakukan oleh orang lain di Indonesia. Saya sendiri pernah dilaporkan oleh salah seorang pekerja yg sekantor dengan saya karena saya sering datang agak siang ke kantor. Saya sempat merasa aneh mengapa orang ini melapor karena pekerjaan saya tidak berhubungan dengan pekerjaan beliau sama sekali. Dengan kata lain, andaipun saya tidak masuk sekalipun, tidak ada pekerjaannya yg terganggu karena itu. Dan yg lebih hebat lagi, dia tak pernah mengatakan pada saya kalau dia tak suka saya datang agak siang ke kantor. Dia hanya melapor pada bos. Untunglah bos saya tidak seperti wordpress yg langsung menangguhkan account pelanggan-nya. Bos malah mengerti bahwa saya lebih suka datang siang dan pulang malam daripada datang ontime dan pulang juga ontime. Dia lebih menghargai hasil daripada jam kerja.

Yg membuat saya sampai saat ini jadi bertanya-tanya, mengapa ya ada orang yg suka melaporkan sesuatu yg sebetulnya nggak ada urusannya sama dia? Apakah karena nggak suka melihat orang lain senang ? Nggak suka melihat orang lain mendapatkan sesuatu ? Atau karena ingin dipuji oleh bu guru ?

Entahlah, rasanya lomba ngadutrafik 2007 ini hadiahnya tidak seberapa untuk membuat kericuhan seperti ini, seperti dikutip oleh Jay, hanya Rp 300.000 untuk juara pertama. Namun bagaimanapun juga, fenoena ngadutrafik 2007 ini menarik juga, bisa menghangatkan blogpsphere yg penuh dinamika

Catatan:

* aku tidak ikutan lomba ngadutrafik 2007.

* buat mbak Nenda, salam kenal, dan jangan lapor sama bu guru ya ?

* makasih buat panitia yg membuat lomba dengan keyword ngadutrafik 2007. Andai saja keyword-nya bank al, saya bakalan mengadu ke wordpress karena orang-orang yg mau mencari blog saya yg sepi ini bakalan missleading ke tempat lain.

Update:

* Barusan baca comment Priyadi di blog-nya Vavai, bahwa kesalahan mbak Nenda cuma satu, dia ngaku kalau dia yang melaporkan. Commentnya menarik, dan aku setuju itu.

* ada tambahan informasi lagi dari blog-nya Evy, bahwa ternyata ada orang yg sehari2nya blogger biasa seperti kita, namun karena kebetulan ikutan ngadutraffik 2007,  maka blog-nya juga tersuspend karena ada yg melaporkannya. Jadi timbul pertanyaan di kepalaku, “Bagaimana cara si Matt memutuskan bahwa blog2 yg ikutan lomba ini adalah spam ?” Apakah si Matt pinter bahasa Indonesia? Atau hanya dengan berbekalkan laporan dan keyword ngadutraffik 2007 maka dia bisa memutuskan situs itu spam karena dia berpikir bahwa ngadutraffic itu adalah kosakata terlarang alias porno? Entahlah, ada yg tahu ? Anyway, Turut berduka cita untuk para korban.

78 thoughts on “Ngadutrafik 2007 dan perilaku lapor-melapor

  1. 1. The contect is not spam.

    2. does not contain unethical or unwanted commercial content designed to drive traffic to third party sites or boost the search engine rankings of third party sites.
    [...]

    Kalo menurut saya nih, TOS nomer 2 masih berhubungan dengan nomer 1, kalo link yang disampaikan misalnya sehubungan dengan informasi sebuah teknologi atau softwarelah misal, kan gpp ?

    mungkin maksud TOS nomer 2 ini menegaskan TOS 1 dan memperluas maksud dari TOS 1.

    begono… :p :p

    salam kenal :p
    met makan..

    Suka

  2. Hi All.

    Pindah diskusinya ke sini ya. Kita buka babak baru. Berdiskusi di mana Lloyd Bud atau Matt mengerti apa yang kalian semua omongin.

    Melihat pembicaraan di sini, semuanya menggunakan asumsi masing-masing. Kalau ada orang WP.com ikut bicara, paling tidak kita bisa tahu apa alasan WP.com sebenarnya. Kalau melanggar TOS, tunjukin yang mana. Kalau hanya karena mereka punya hak untuk itu, ya sudah. POKOKE (gak iso le nulis TM) kita tahu pasti jawaban mereka. Bukan seperti yang dijelaskan per email ke seseorang melainkan seperti yang ditulis oleh mereka secara terbuka. Itu pun kalau WP.com mau melakukannya.

    Pokoke Kang Kombor nggambleh terusss…. Kapan lagi blog Sampeyan dijawabi langsung sama orang WP.com. Iya nggak?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s